Hal penting yang perlu ditulis adalah bagaimana Anda membaca data Anda dan membahasnya. Jangan pernah tidak membahas data atau membahas sesuatu yang lebih general. Contoh: pada praktikum struktur reproduksi seksual dan aseksual cendawan Eurotium Anda memperoleh hasil pengamatan berupa gambar kleistotesium (data), maka yang Anda bahas adalah bagaimana bentuk, warna, dan penampakan kleistotesium tersebut.

Setelah Anda melihat data Anda, segera tuliskan pembahasannya dengan menyambung-nyambungkan hal-hal yang diperoleh dalam data dengan pustaka atau referensi lain. Contoh: Bntuk kleistotesium adalah bulat. Dalam pengamatan terdapat pulka kleistotesium yang pecah. Menurut Muttaqin (2010), Kleistotesium jika sudah matang akan pecah dan mengeluarkan askospora. Askospora ini merupakan spora seksual Ascomycetes (Hadioetomo 1998).

Menuliskan metode atau bercerita metoda adalah hal yang dihindari dalam pembahasan. Metode tidak perlu ditulis ulang atau dijelaskan dalam pembahasan.

Baca atau perhatikan dengan baik apa maunya asisten atau buku penuntun hal-hal yang perlu dituliskan dalam laporan. Setiap asisten punya karakteristik yang bisa saja berbeda satu sama yang lainnya. Just follow them, toh ga ada ruginya.

Lihat Juga : tentang penulisan laporan, silahkan lihat di Tips Menulis