Pengenalan Mikroskop


Artikel ini bukan sebagai acuan pustaka!

 

Praktikum ini menjelaskan tentang pentingnya mikroskop dalam mempelajari kehidupan, terutama pengamatan benda-benda renik. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara membawa mikroskop (harganya lebih mahal dari satu sepeda motor), bagian-bagian mikroskop (97% keluar dalam ujian praktikum), dan cara penggunaanya.
What the amazing momment?
Perhatikan bahwa saat menggunakan mikroskop cahaya, objek yang kita lihat akan terbalik (wow)! Ketika kita gerakkan ke arah kanan kita, gambar akan bergerak sebaliknya (wow lagi)! Pengamatan butir pati kentang akan lebih jelas dengan menggunakan iodin (amilum pati akan terwarnai oleh iodin). Jangan lupa, bagian-bagian bulir patinya. Saat pengamatan spyrogyra, ambil sesedikit mungkin benang-benang spyrogyra, amatilah dan gambar serta lengkapi bagian-bagiannya. Lihat! Ada kloroplas dan pirenoid. Kalau jeli, Anda akan melihat sekat antar selnya! Nukleus? Biasanya susah terlihat. Anda akan terkejut lagi ketika melihat semut yang diamati dengan mikroskop stereo ternyata mempunyai bulu kaki (hihihi)! Perhatikan pula tentang gambar hasil mikroskop elektron, beda SEM dan TEM. Melalui SEM, Anda bisa melihat mata majemuk nyamuk! Jika diperbesar lagi, bahkan terlihat bakteri yang nempel!! untuk TEM, Anda bisa melihat granum-grana dalam kloroplas! Setiap gambar pada laporan wajib dilengkapi dengan perbesaran yang digunakan dan nama benda yang diamati.

Fun Fact: Biasanya pada praktikum pertama akan diajarkan bagaimana cara membuat laporan, strukturnya terutama, dan cara penulisan daftar pustaka. silakan perhatikan baik2. tapi santai saja, kalo ternyata strukturnya masih salah, biasanya dimaapin ko, kan baru aja praktikum. hehe. asprak biasanya juga menyuruh setiap buku laporan dalam satu kelompok untuk disampul dengan motif yang sama. tujuannya adalah memudahkan penilaian, bukan untuk gaya-gayaan, he

Useful Link:  Tips menggunakan mikroskop, Tips membuat preparat

Lihat Juga: Tips Menulis, Petunjuk Penulisan Laporan, dan Tips Praktikum.

Leave a Reply

© 2017 bios-logos

Theme by Anders NorenUp ↑