Sebenarnya setiap praktikum memliliki karakteristik khusus, namun secara umum dalam stiap penulisan laporan akan mengikuti petunjuk umum penulisan yaitu Dasar-Dasar Penyajian Karya Ilmiah yang diterbitkan olah IPB.

Hal yang sama dalam setiap penulisan laporan adalah bagaimana keterbacaan tulisan kita dan bagaimana membuat laporan yang ringkas, padat, dan tepat sasaran.

Keterbacaan. Terlepas dari tulisan tangan kita yang tidak bagus (cacing kepanasan, red), usahakan dalam setiap menulis laporan tulisan kita dibuat sebagus mungkin. Caranya? Santaikan fikiran, luangkan waktu yang ada, siapkan materi penunjang, dan mulailah menulis. Tulisan yang tidak dapat atau susah dibaca sedikit banyak akan mengurangi penilaian asisten terhadap keseriusan praktikum kita walaupun isi yang disampaikan sangat bagus.

Jika menggunakan program komputer, hal yang perlu diperhatikan adalah kerapian format, penggunaan fonta yang seragam, dan pengaturan paragraf. Jika mengkopi paste langsung dari sumber internet jangan lupa hilangkan hyperlink nya -jika ada. Jangan pula ada warna huruf yang berbeda karena kan membuat curiga asisten bahwa tulisan tersebut adalah salinan langsung dari tulisan di internet.

Ringkas, padat, dan tepat sasaran. Mudah membuat tulisan seperti itu, namun, kita harus panda mengolah kata. Caranya, simpulkan esensi praktikum tersebut, lihat metode, uraikan data, dan ta da… simpulkan. Setelah itu, baru tulisan dibuat. Hilangkan semua hal yang bersifat general langsung fokus ke dalam materi. Contoh: suatu praktikum Biologi Dasar menggunakan jagung dan kedelai untuk melihat bagaimana kerapatan berpengaruh terhadap pertumbuhan. Maka hilangkan hal-hal seperti definisi jagung dan kedelai, bagaimana habitatnya, asal, dan habitus, langsung kepada bagaimanakah persaingan tanamn terjadi, apa yang diperebutkan, bagaiman pengaruhnya pada satu individu lainnya.

Yang lebih penting, sebagai orang ilmiah (katanya) silakan gunakan bahasa tulisan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan. Silakan memulai belajar menulis dengan baik dan benar, sebagai latihan sebelum Anda menyusun karya ilmiah (skripi, red).

Jika Anda merasa susah memulai untuk menulis laporan silahkan kunjungi Tips Menulis. Untuk memaksimalkan sesi praktikum Anda silahkan lihat di sini