Artikel ini bukan sebagai acuan pustaka!

 

Praktikum ini sedikit banyak mengingatkan tentang salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di Indonesia: tape. Tape merupakan salah satu pangan olahan dari proses fermentasi. Proses ini merupakan salah satu mekanisme penghasil energi ketika oksigen tidak tersedia di lingkungan suatu sel.

Inti dari praktikum ini adalah mengamati proses fermentasi yang dilakukan oleh mikroorganisme yaitu ragi.

What the amazing momment?
Percobaan dilakukan dengan membuat makanan bagi kebanyakan mikroorganisme yaitu glukosa. fungsi tabung kecil (biasa disebut durham) adalah untuk melihat apakah terjadi proses fermentasi. Tabung pertama tidak diisi ragi, dan tabung ke dua diisi oleh ragi. seharusnya, tabung pertama tidak akan muncul udara dan tabung ke dua akan muncul udara. udara yang muncul adalah karbon dioksida yang berasal dari proses fermentasi oleh ragi di tabung ke dua. proses fermentasi terjadi karena sistem (glukosa dalam tabung) dalam kondisi tertutup sehingga tidak memungkinkan adanya oksigen yang bebas keluar masuk. tabung pertama bisa juga memunculkan udara pada tabung durhamnya, namun biasanya lebih sedikit. hal ini terjadi karena mungkin saja sudah terdapat mikroorganisme fermentatif yang telah menempel pada tabung, masuk melalui udara ketika menyiapkan, dari permukaan plastik, dan lain sebagainya. hanya saja ragi dapat berfermentasi lebih cepat dibanding mikroorganisme lain yang mungkin muncul dalam tabung pertama.
Dan ciri khas yang lain dari terjadinya proses ini adalah teriumnya bau asam dari tabung tersebut. bau asam agak manis, persis seperti tape.. buktikanlah!

Nah, setelah mengetahui mengenai respirasi anaerob, lihat juga respirasi aerobnya.

Useful Link: all about anaerobic respiration

Agar lebih sukses selama mengikuti praktikum Biologi Dasar baca juga: Tips Menulis, Petunjuk Penulisan Laporan, dan Tips Praktikum.