Agriculture 2.0

Sekarang ini marak istilah ‘2.0’. Sebagian besar mengacu pada penggunaan alat bantu komputer atau internet. Berikut adalah beberapa penggunaan komputer atau internet atau ICT (integrated computer technology) pada berbagai bidang dalam pertanian.

Penggunaan perangkat lunak pada ponsel pintar

Biasanya Anda menggunakan smartphone untuk apa? foto-foto, edit dengan efek khusus, gaming, posting, twitteran, path-an, atau facebookan saja? berarti agan kurang menggunakan potensi smartphone. Coba agan gunakan untuk email, note, pencatat hasil olahraga, membaca manga, mencari tiket pesawat, cari kerja, blogging, oprek jeroan, ngaji, belajar bahasa, belajar kesehatan china, belajar pakai dasi, dan berkebun (atau bertani).

Corn Yield Calculator

Nah, sebelum bertanam jagung, aplikasi ini menyediakan jarak tanam yang tepat berdasarkan input data petani seperti populasi yang diinginkan, biaya per acre, dan jumlah benih. (iPhone, iPad, iPod Touch)

Farm Manager

All in one farmer’s tool yang meliputi sejarah lengkap budidaya seperti penggunaan pupuk dan bahan kimia (jenis, jumlah) serta perawatan mesin pertanian. (iPhone, iPad, iPod Touch)


Nutrient Removal

Sesuai namanya, The Mosaic Co. memberikan fungsi tersebut pada aplikasi ini. Selain itu, petani dapat menduga potensi hasil berdasarkan data tanaman dan daerah yang khusus.(iPhone, iPad, Droid)

nut remov

AgDroid

Aplikasi dari Farmscan ini dapat memetakan dan menghitung daerah cakupan dari traktor, implementasinya, serta mesin pertanian lain berdasarkan jarak tempuh dan luas area. Aplikasi ini dapat merekam data beberapa proyek pertanian termasuk penggunaan pupuk, insektisida, dan fungisida.  (Android)

agdroid

ARA Mobile

Kaskusnya petani ni. The Agricultural Retailers Association menyediakan berbagi informasi dunia pertanian termasuk tetek bengeknya. (Android, BlackBerry, iPhone)

CropNation

cropNAtion adalah jejaring sosialnya petani. ya, seperti facebook dan sejenisnya tetapi digunakan terkait dengan pertanian. Aplikasi ini diakui oelh CropLife America dan memperoleh AgGateway Information Technology Innovation Award. (Android, iPhone)

Dynamic Pricing Platform (DPP)

Aplikasi ini menyediakan data harga biji-bijian yang digunakan sebagai benih atau akan dijual berdasarkan harga pasaran.(iPhone)

Weather Underground

Aplikasi tersebut digunakan untuk melihat ramalan cuaca. Tersedia baik di Android maupun iOS.

Teknologi hidroponik terintegrasi komputer

Agan tahu kan hidroponik. Hidroponik itu sistem budidaya tanpa tanah. Tanaman mendapatkan nutrisi dengan berbagai cara tanpa media tanah. Setelah sekian lama dikembangkan, mulailah dilakukan pengintegrasian sistem komputer pada hidroponik. Salah satu perusahaan yang menyediakan jasa yang berkaitan dengan hal ini adalah Autogrow dan Purgro. Keduanya menyajikan kemudahan perawatan tanaman dengan sistem yang terkomputerisasi.

 

Dalam skala besar, hidroponik biasa dikembangkan dalam sebuah rumah kaca. Berikut adalah salah satu video tentang hidroponik yang sudah terintegrasi dengan sistem komputer.

http://www.youtube.com/watch?v=ucOVXploboU

IPB punya

Sebagai perguruan tinggi pertanian di Indonesia, IPB juga mengembangkan beberapa aplikasi berbasis sistem operasi mobile seperti Android. Berikut adalah dua aplikasi mobile yang telah dikembangkan

  1. Pengembangan Sistem Pakar Agribisnis Cabai (Capsicum annuum. L) Berbasis Android
  2. Aplikasi Mobile Untuk Identifikasi Tumbuhan Obat  1, 2, 3, dan 4

Dan, masih berfikir bertani hanya sekedar mencangkul?

Leave a Reply

© 2017 bios-logos

Theme by Anders NorenUp ↑