Sejarah Kano: Komputer yang Bisa Dirakit Siapapun 

Siapapun, sekali lagi siapapun! Biasanya sebuah komputer, PC (personal computer),  akan menantang penggunanya untuk bermain dalam manajemen kabel, fit and proper fit, colok-mencolok, dan lain sebagainya. Banyak dari kita yang awam dalam merakit komputer menjadi ‘terpaksa’ membeli komputer branded yang sudah jadi. Padahal, jika dihitung dari segi harga, komputer rakitan sendiri jauh lebih murah dari komputer branded. Tambah pula, mau segahar apapun, asal komponen saling compabtible dan dompet-able, komputer bisa dibuat -dirakit- sendiri.

Ah, langsung saja pada Kano, sebuah komputer Raspberry Pi – Lego-style yang mampu dirakit oleh siapapun. Siapapun! Kano memiliki sejarah yang cukup sederhana sesederhana Kano sendiri. Berawal dari tantangan Alex, Yonatan, and Saul (sejujurnya saya tidak tahu siapa mereka) yang mengingankan seperti apa komputer next generation, akhirnya terjawab oleh seorang anak kecil bernama Micah pada November 2012. Micah menantang mereka bertiga untuk mampu membuat komputer yang:

  • It had to be as simple and fun “as Lego.” (Sederhana namun menyenangkan seperti Lego)
  • No one “teaches me” how to do it (Mudah dirakit oleh anak kecil)

Selanjutnya, pada Februari 2013 mulailah proyek yang akan menjawab tantangan Micah. Mereka bertiga mulai menulis buku manual sambil membayangkan desain seperti apa yang bisa dibangun dari dua kriteria Micah. Sebulan berikutnya, mereka mulai menginvestigasi pabrik-pabrik elektronik di Cina untuk pengadaan komponen. Sebulan kemudian, jadilah 200 prototype komputer yang diinginkan oleh Micah. Mei 2013, lahirlah Kano. Alejandro juga bergabung sebulan berikutnya untuk menyempurnakan bagian software Kano. Alenjandro sendiri merupakan bagian dari tim PlaySation 4. Ah, dua bulan berikutnya, 200 buah prototype ludes terjual. Hanya lewat viral marketing.  September berikutnya, tim semakin banyak yang akan menuntaskan final design dari Kano. Finally, lahirlah Kano pada bulan ini. Seperti apa rupa Kano, lihatlah di postingan ini.

Timeline produksi Kano (http://www.kickstarter.com/)

Bagaimana dengan sejarah Kano? Keren kan? Memang, komputer ini didesain untuk anak-anak. Tapi jika sekedar menggunakan komputer untuk mengetik, saya rasa tidak masalah menggunakan Kano. Yang paling penting, murah, ramah lingkungan, dan kawaiii.. Ingin membelinya? lebih lanjut silahkan ke sini atau sini.