Apakah Anda pernah berfikir bahwa setiap orang memiliki bau badan yang khas? Jika iya, semoga tulisan berikut dapat sedikit membantu menjawab rasa penasaran Anda.

Sebanyak 24 laki-laki dan 25 wanita diambil keringat ketiak mereka sebagai sampel dalam sebuah penelitian mengenai bau badan di Swiss. Sampel keringat itu diambil setelah mereka melakukan aktivitas bersauna atau mengendarai sepeda selama 15 menit.

Hasil dari penelitian tersebut adalah ketiak para wanita berbau seperti bawang atau buah anggur dan para laki-laki seperti keju. Keringat para wanita mengandung belerang tak berbau yang cukup tinggi (5 mg/ml keringat) jika dibandingkan dengan para laki-laki (0.5 mg/ml keringat). Ketika sampel keringat wanita ini dicampurkan dengan bakteri yang umum ditemukan di ketiak, akan terbentuk thiol yang berbau bawang. Sementara itu, komponen asam lemak yang terdapat pula dalam keringat para laki-laki menjadikannya berbau keju jika dicampurkan dengan bakteri ketiak.

Namun, hasil ini bisa jadi berlaku hanya untuk warga Swiss, bukan keseluruhan manusia. Hal ini dikarenakan pasti ada perbedaan konsumsi makanan dan genetik tubuh. Walaupun demikian, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar pembuatan deodorant yang entah berprinsip menetralkan komponen pembentuk bau dari keringat atau memblok kerja enzim pembentuk bau punya bakteri ketiak. So, berbau apa keringatmu? keju? cokelat? atau bau tempe?

Sumber: DOI: 10.1093/chemse/bjn076