Tips Memperoleh Jurnal Ilmiah

Banyak mahasiswa yang kebingungan jika diminta membuat artikel berdasarkan suatu jurnal ilmiah. Cara yang paling mudah untuk memperoleh jurnal ilmiah adalah dengan mengunjungi perpustakaan. Mudah, murah, dan susah dalam memperoleh artikel sesuai yang diinginkan. Susah terjadi saat jurnal yang diinginkan tidak ada. Susah juga ditemukan saat mencari di Google di mana jurnal yang diinginkan ternyata jurnal berbayar. Saat ini, masih banyak yang mengandalkan fasilitas Google, sedikit pula yang melihat Google Scholar.  Putus asa? Cobalah mengetikkan keyword di Google dengan format berikut ini

Kata kunci jurnal yang diinginkan filetype:pdf

Jika masih hanya bertemu abstrak tanpa artikel lengkap, berikut adalah beberapa cara lain untuk memperoleh jurnal ilmiah berbayar maupun free.

  1. Temukan abstrak jurnal ilmiah di Google, lihat alamat korespondensi, hubungi mereka/dia melalui email. Biasanya (ataupun kadang – tergantung amal perbuatan) mereka/dia dengan senang hati memberikan jurnal yang ditulis.
  2. Manfaatkan saudara, teman, kakak kelas, senior, junior, senpai, TKI, dosen, atau siapapun kenalan yang berkutat/bekerja/penelitian/magang/jalan-jalan/belajar di suatu universitas/lembaga riset di luar negeri. Biasanya mereka memiliki akses untuk memperoleh jurnal ilmiah berbayar.
  3. Manfaatkan highwire.stanford. Di website ini, tersedia ribuan judul jurnal baik berbayar maupun free. Ketikkan saja kata kunci di kolom pencariannya, bisa ditambahkan dengan tahun terbit spesifik.
  4. Manfaatkan Facebook. Carilah grup “Indonesia-International Collaborative Research Forum“. Sebuah grup luar biasa di mana kita bisa meminta tolong kepada sesama anggota grup untuk mencarikan jurnal ilmiah yang kita inginkan. Silahkan ikuti peraturan yang ditampilkan dan jangan lupa disertai dengan judul artikel yang jelas.
jurnal ilmiah di highwire

kolom pencarian jurnal ilmiah di highwire.stanford

Cukuplah dengan keempat cara di atas. Bersyukurlah jika sudah mengetahui cara-cara di atas. Jika belum juga memperoleh jurnal ilmiah yang diinginkan dengan cara di atas, sebenarnya masih ada satu cara lagi yang bisa dikatakan illegal. Namun, tidak akan ditulis di sini. Banyak jalan menuju Roma, bisa naik pesawat, atau berjalan kaki. So, selamat mencari dan memperoleh jurnal ilmiah.

1 Comment

  1. Thanks for sharing.. I’m satisfied to find a lot of useful info right here. Keep writing 😀 😀

Leave a Reply

© 2017 bios-logos

Theme by Anders NorenUp ↑