Dalam sebuah soal pada mata kuliah Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, saya tantang mahasiswa untuk berimajinasi membuat suatu karya original,

Original atau orisinal? Orisinal! Kata orisinal terdapat di KBBI:
orisinal/ori·si·nal/ a asli; tulen

yang berbasis pengetahuan hormon etilen. Berikut adalah kutipan lengkap dari soal yang saya buat:

Jelaskan suatu rancangan produk atau teknologi karya original orisinal Anda yang berbasis pengetahuan hormon etilen yang bermanfaat dalam manajemen pre dan post harvest buah-buahan.

Beberapa mahasiswa tidak mampu menjawab pertanyaan ini, saya duga sempitnya waktu untuk berfikir (dibatasi waktu ujian) mengakibatkan otak mereka tidak mampu lagi berimajinasi. Benar, imajinasi butuh ketenangan dan ke-santai-an. Sementara itu, nama-nama berikut mampu menjawab dan membuat saya terpukau, Dwi Ajeng Budiarti, Latiful Akbar, Ayu Putri Nazli, Dian Tri Wahyudi, Nadilah Chalisya, dan Novan Dwi Putranto. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan nama dan gelar.

Untuk yang belum familiar dengan etilen, kita sebut saja etilen adalah salah satu jenis hormon tumbuhan untuk pematangan buah, yang terkandung dalam batuan -bahasa manusianya- biasa disebut adalah karbit, karbid, batuan berbau untuk mematangkan buah – pisang (biasanya).

Dwi dan Latiful sama-sama berfikir tentang suatu wadah yang mengandung etilen. Kepraktisan menjadi pikiran utama mereka. Dwi mencoba mengimajinasikan suatu wadah kertas yang mengandung etilen yang dapat digunakan untuk membungkus, memberangus, buah yang belum matang yang masing menggantung di pohon. Dwi dengan semangat mengatakan “Matangnya buah ini adalah matang pohon!”. Sementara itu, Latiful membuat rancangan karya berjudul Smart Bioplastic Contains Ethiylene. Dengan karya berbahasa Inggris tersebut, dia hanya menjelaskan “berbentuk plastik yang dapat mengeluarkan hormon etilen”.

original 2

Dalam soal yang memaksa mahasiswa berfikir out of the box ini, Ayu dan Dian (laki-laki) sama-sama berfikir tentang kotak. Ayu berimajinasi tentang suatu kotak bertingkat, inspired by P*zz* H*t?, dengan fungsi sebagai kotak buah untuk pengiriman jarak jauh. Di dalam kotak tersebut, terdapat ‘sesuatu’ yang mampu menyerap etilen. Dian berfikir lebih ‘keluar dari kotak’, walaupun sama-sama kotak pengiriman buah, ‘Kotak Pandora’ Dian akan mengatur kapan buah tersebut matang. Brilliaaant!

original 3

Nadiah tidak latah dan ikut-ikutan Ayu dan Dian, laki-laki. Nadiah membuat imajinasi suatu box, — sama saja. Kotak Nadiah ini berbeda dalam hal terdapat sensor untuk mengetahui kadar hormon buah-buahan, dan mengaturnya sehingga buah yang sampai ke konsumen adalah buah matang, bukan buah busuk atau kurang matang. Begitu yang saya tangkap.

Novan, mungkin berarti lahir di bulan November atau didoakan menjadi seorang penemu (de novo, a new), malah berfikir tentang MEJA: Mobile Ethyilene in the Jar. Seperti apa? Dengan semangat dan bahasa iklan, Novan menuliskannya sebagai berikut:

original 1

It will be great! Jika para mahasiswa tersebut mampu merealisasikan idenya. Caranya? Tentu saja, pengembangan suatu produk atau teknologi membutuhkan suatu penelitian untuk menguji apakah produk atau teknologi tersebut dapat bekerja. Jika ingin mematenkan pastikan produk tersebut belum ada di pasaran dan tentunya, sudah melewati serangkaian pengujian (dan sukses sesuai harapan).

Selamat, sukses!